Loading...

Bosan Dengan Model Bolu yang Gitu-gitu Aja? Bunda harus Coba Nih Cake Bolu Zebra Unik dan Lezat deh !! Ini Resep dan Cara Membuatnya

Loading...
Loading...
Bosan Dengan Model Bolu yang Gitu-gitu Aja? Bunda harus Coba Nih Cake Bolu Zebra Unik dan Lezat deh !! Ini Resep dan Cara Membuatnya



Sedang bingung mencari resep kue enak, unik, dan sederhana? Coba saja cake zebra ini, Mak. Membuatnya relatif mudah. Rasanya enak, namun tidak enek. Kalau makan cuma 1 potong, rasanya tidak akan cukup, deh. Bagi Anda yang sedang diet, hati-hati lho, ya!

Resep kue enak ini menggunakan resep dasar pound cake atau butter cake. Resep pound cake ini merupakan resep andalan saya. Ini karena membuatnya sangat mudah, tidak memerlukan banyak trik. Sejak pertama membuatnya hingga sekarang, hasilnya 100% sukses.

Kuncinya hanyalah pada pengocokan margarin (atau mentega) dan gula yang harus dikocok hingga mengembang. Cirinya, adonan berwarna pucat (jika menggunakan mentega, warnanya menjadi putih) dan terlihat creamy. Pada saat dikocok, margarin sudah terasa ringan.

Pada tahap ini, gula pasir belum larut sepenuhnya. Itu tidak mengapa. Gula pasir akan larut setelah bahan lainnya dimasukkan.

Setelah adonan selesai dibuat, tahap penting selanjutnya adalah membuat lapisan-lapisan motif zebra. Kunci agar motif zebra terlihat cantik, tuangkan adonan putih-cokelat secara bergantian. Letakkan adonan tepat di tengah-tengah loyang. Jumlah adonan yang dituangkan harus semakin dikurangi.

Misalnya, pada penuangan adonan putih yang pertama, Anda menuangkan 10 sendok makan. Selanjutnya, pada penuangan adonan putih yang kedua, adonan yang dituangkan dikurangi menjadi 8 sendok makan. Begitu seterusnya hingga adonan habis.

Adonan tidak perlu disebarkan, cukup dituangkan saja di tengah-tengah loyang menggunakan sendok. Nanti, adonan akan menyebar dengan sendirinya ke pinggir. Namun, khusus untuk adonan pound cake ini, Anda bisa sedikiiiit saja menyebarkan adonan jika dirasa terlalu menumpuk di tengah. Karena adonan ini cukup kental.

Ingin tahu secara lengkap resep kue enak dan unik ini? Berikut ini resep cake zebra tersebut.

Cake Zebra

Bahan:bolu zebra
  • 200 gr margarin (dapat diganti mentega atau campuran keduanya)
  • 140 gr gula pasir
  • 4 butir telur
  • 180 gr tepung terigu serbaguna
  • 1/3 sdt baking powder
  • 3 sdm cokelat bubuk (dilarutkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta)
Cara membuat:

  1. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm, olesi dengan margarin, lalu taburi dengan tepung terigu. Sisihkan.
  2. Panaskan oven untuk memanggang.
  3. Kocok margarin dan gula pasir hingga pucat dan mengembang.
  4. Masukkan 1 butir telur, kocok rata. Tambahkan 2 sendok makan tepung terigu, kocok rata. Lakukan terus hingga telur habis.
  5. Campur sisa tepung terigu dengan baking powder, aduk rata. Tuangkan campuran tepung tersebut ke dalam adonan sedikit demi sedikit. Kocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata.
  6. Bagi adonan menjadi 2 bagian sama banyak. Satu bagian adonan diberi larutan cokelat bubuk, lalu aduk rata. Satu bagian lagi dibiarkan berwarna putih.
  7. Tuang 2 sendok sayur (sekitar 100 ml) adonan putih ke dalam loyang. Tuang 100 ml adonan cokelat di atas adonan putih. Tuang 1 ¾ sendok sayur adonan putih, lalu tuang 1 ¾ sendok sayur adonan cokelat. Lalukan terus hingga adonan habis. Jumlah adonan yang dituangkan semakin dikurangi.
  8. Panggang adonan di dalam oven panas dengan suhu 180 derajat Celsius hingga matang. Angkat, keluarkan dari loyang, dinginkan, lalu potong-potong.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bosan Dengan Model Bolu yang Gitu-gitu Aja? Bunda harus Coba Nih Cake Bolu Zebra Unik dan Lezat deh !! Ini Resep dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Loading...