Loading...

43 Pesona Keindahan Obyek Wisata Di Kota Tasikmalaya Jawa Barat

Loading...
Loading...
43 Daftar Tempat Wisata diTasikmalaya Jawa Barat Harus Kamu Kunjungi - Tasikmalaya Jawa Barat adalah Kota atau kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur Pulau Jawa. Sebelum membahas keindahan wisata kota Tasikmalaya Jawa Barat lebih baik kita harus tau sejarah nama kota Tasikmalaya Jawa Barat dulu.Sejarah kota atau kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat

Di Tasikmalaya Jawa Barat Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Tasikmalaya Jawa Barat kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota Tasikmalaya Jawa Barat kota ini sangat identik dengan obyek wisatanya yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Tasikmalaya Jawa Barat tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Tasikmalaya Jawa Barat mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata curugnya. yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Tasikmalaya Jawa Barat bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Tasikmalaya Jawa Barat yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Tasikmalaya Jawa Barat . Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri.

Tasikmalaya Jawa Barat merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di Tasikmalaya Jawa Baratpun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini :.wisata di Tasikmalaya Jawa Barat . Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kotaTasikmalaya Jawa Barat.

Selain pantai di kota Tasikmalaya Jawa Barat  terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota Tasikmalaya Jawa Barat diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota Tasikmalaya Jawa Barat  yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.


 1. Pesona Keindahan Obyek Wisata Pantai Karang Tawulan di Cikalong Tasikmalaya Jawa Barat



Obyek Wisata Pantai Karang Tawulan di Cikalong Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Pantai Karang Tawulan di Cikalong Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Pantai Karang Tawulan di Cikalong Tasikmalaya Jawa Barat merupakan pantai yang asri nan indah. Lokasinya berada di Desa Kalapagenep, Kecamatan Cikalong. Sekitar 90 kilo meter apabila ditempuh dari pusat kota serta akan melewati sukaraja Cipatujah. dan terletak di ujung dari perjalanan, sebelum batu karas serta pantai pangandaran.

Sebelum sampai disini para pengunjung dapat menikmati berbagai panorama pantai lainnya jalur yang akan terlewati adalah Pantai Sindangkerta dan Pantai Pamayangsari. Sejauh mata memandang di Pantai Karang Tawulan yang akan terlihat hanyalah sejumlah karang yang menjulang yang diterpa gelombang laut pantai selatan. Akan tetapi sekarang ini akses jalannya masih kurang baik,  namun tersedia pula warung makan yang menyajikan aneka makanan khas laut yang masih segar dan murah meriah cocok buat wisata kuliner yang memang menu andalannya adalah "ikan bakar", untuk melengkapi liburan untuk menikmati pemandangan laut yang indah mempesona disertai udara sejuk yang menyegarkan.

Makanan khas ikan laut menjadi menu utama, apalagi kalau sedang musimnya, ikan-ikan laut asal dari Pamayangsari, dijamin harganya sangat murah dibandingkan dengan objek wisata pantai mana pun. Adalagi bila sedang musim penyu sedang bertelur, terutama saat bulan purnama, dari pukul 00.00 sampai 03.30 WIB, wisatawan bisa menyaksikan penyu bertelur. Lokasi paling banyak di kawasan Pantai Pamayangsari yang pantainya masih tertutup tanaman pantai disana.

2. Pesona Keindahan Obyek Wisata Waterboom Water Splash Indihiang di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Waterboom Water Splash Indihiang di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Waterboom Water Splash Indihiang di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Waterboom Water Splash Indihiang di Tasikmalaya Jawa Barat berada di Jalan Brigjen Wasita Kusuma Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya atau disamping SPBU dekat RS Permata Bunda.

Obyek Wisata Waterboom Water Splash Indihiang di Tasikmalaya Jawa Barat Berdiri sejak tahun 2009 dan jadi favorit objek wisata warga Kota Tasikmalaya dan sekitarnya. Fasilitasnya ada ember tumpah, kolam untuk batita, kolam arus, whirl pool, slider, gazeebo, locker room, foodcourt, locker room, shower room, ruang medis, tempat parkir yang luas, lifeguard, dan hotspot. Tapi bukan hanya ini saja yang terdapat di Watersplash – Indihiang.

Ada juga wahana permainan untuk memacu adrenalin seperti flying fox, trampoline, atv dan paint ball. Harga tiketnya Rp 12.000 sekali masuk. Kalau mau ke wahana lain jadi Rp 35.000. Nah kalau hari libur Rp.15.000 dan tiket terusannya 40.000.Sebagai salah satu waterboom yang terbesar di Jawa Barat, banyak fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh Watersplash Indihiang. Salah satu wahana yang menjadi favorit dan telah menjadi ikon dari waterboom ini adalah Fun House, dimana terdapat ember tumpah yang berkapasitas 2.000 liter air,

tempat ini juga dilengkapi dengan seluncuran bagi anak-anak dan dewasa. Selain itu terdapat juga Kolam Arus yang bisa dipakai bersantai berkeliling kolam dengan ban sembari melihat pemandangan Gunung Galunggung. Terdapat juga kolam mini dengan batu terapi yang baik untuk kesehatan. Kolam khusus untuk anak-anak disediakan dengan fasilitas air mancur, mandi bola, dan papan luncuran.

3. Pesona Keindahan Obyek Wisata  Water Splash Indihiang di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Water Splash Indihiang diTasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Water Splash Indihiang diTasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Water Splash Indihiang diTasikmalaya Jawa Barat ini merupakan waterboom yang pertama kalinya dibuka di Tasikmalaya.

Selain menjadi yang pertama, waterboom ini juga merupakan yang paling luas di daerah Priangan Timur, yaitu sebesar 4 hektar.Sebagai salah satu waterboom yang terbesar di Jawa Barat, banyak fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh Watersplash Indihiang. Salah satu wahana yang menjadi favorit dan telah menjadi ikon dari waterboom ini adalah Fun House, dimana terdapat ember tumpah yang berkapasitas 2.000 liter air, tempat ini juga dilengkapi dengan seluncuran bagi anak-anak dan dewasa.

Selain itu terdapat juga Kolam Arus yang bisa dipakai bersantai berkeliling kolam dengan ban sembari melihat pemandangan Gunung Galunggung. Terdapat juga kolam mini dengan batu terapi yang baik untuk kesehatan. Kolam khusus untuk anak-anak disediakan dengan fasilitas air mancur, mandi bola, dan papan luncuran. Obyek Wisata Water Splash Indihiang diTasikmalaya Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan ketika hari minggu ataupun hari libur.

4. Pesona Keindahan Obyek Wisata Situ Sanghiang di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Situ Sanghiang di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Situ Sanghiang di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Situ Sanghiang di Tasikmalaya Jawa Barat berlokasi di Desa Cibalanarik & Desa Cilolohan Kecamatan Tanjungjaya, berjarak kurang lebih 25 kilo meter dari pusat kota Tasik, dgn luas tempat lebih kurang 37 ha.

Danau atau Situ Sanghiyang mempunyai daya tarik lantaran airnya yang tak sempat surut & alam sekitarnya yang amat sangat rindang. Tidak Cuma panorama alam yang indah dilokasi tersebut terdapat website Prabu Linggawastu yg tidak sedikit dikunjungi wisatawan.Situ Sanghiyang ialah suatu objek wisata alam berupa danau yang lumayan luas di Desa Cilolohan-Cibalanarik Kecamatan Tanjungjaya Kab Tasik.

Objek wisata ini tetap terbilang sepi visitor di akhir pekan. Oleh lantaran itu, visitor yang sengaja datang ke sini bisa bersama leluasa menikmati pemandangan yang terpampang di hadapannya. Obyek Wisata Situ Sanghiang di Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang hari minggu ataupun hari libur, banyak wisatawan yang datng ke Obyek Wisata Situ Sanghiang di Tasikmalaya Jawa Barat ini.

5. Pesona Keindahan Obyek Wisata Alun Alun Tasikmalaya di Tasikmalaya Jawa Barat



Obyek Wisata Alun Alun Tasikmalaya di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Alun Alun Tasikmalaya di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Alun-alun Tasikmalaya memang hijau dan sering dipakai aktifitas oleh warga. Namun selain itu, terdapat Tugu Mak Eroh dan Abdul Rozak yang menjadi ikon kota.

Tugu menjadi salah satu simbol kota. Peradaban besar dunia yang telah hilang maupun sedang berjaya menjadikan tugu sebagai simbol yang di dalamnya mengandung berbagai pesan.
Tugu biasanya berupa pahlawan, manusia-manusia hebat seperti ahli filosofi bahkan tokoh agama atau manusia yang dianggap telah berjasa untuk masyarakat luas. Patung juga bisa berbentuk simbol abstrak atau bahkan binatang yang mewakili pesan-pesan tertentu.

Dalam kepariwisataan, tugu seringkali menjadi sebuah daya tarik. Karena dalam tugu pengunjungg dapat membaca secara visual dan konstekstual, apa dan bagaimana kehidupan masyarakat lokal.Di Kota Tasikmalaya salah satu tugu yang indah terdapat di Alun-alun Tasikmalaya. Patung ini berdiri di tengah taman alun-alun dan berhadapan dengan Pendopo Lama Tasikmalaya.

Tugu Mak Eroh dan Abdul Rozak, karena tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan Mak Eroh d n Abdul Rozak. Kedunya mendapat penghargaan di bidang lingkungan hidup pada masa pemerintahan Orde Baru.Mak Eroh mrupakan seorang  petani dari Kampung Pasirkadu, Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Saat itu Mak Eroh berusia 51 tahun. Wanita yang dijuluki tangan besi ini mampu membuat irigasi pada gunung cadas selama 45 hari dengan alat belincongg dan cangkul.

6. Pesona Keindahan Obyek Wisata Masjid Agung di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Masjid Agung di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Masjid Agung di Tasikmalaya Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Masjid Agung di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata religi yang ada di kota tasikmalaya jawa barat.Masjid Agung Tasikmalaya pertama kali didirikan pada masa pemerintahan Raden Tumenggung Soeria Atmadja yang menjabat sebagai Bupati Sumedang. Tepatnya, Masjid Agung selesai dibangun pada tahum 1888 Masehi atau 1307 Hijriah.

Masjid Agung ini sejak awal dimaksudkan untuk menjadi pusat kegiatan keagamaan. Kemudian, masjid agung diserahkan kepada Patih Tasikmalaya, Raden Demang Soekma Amidjaja penghulu Raden Aji Aboebakar. Bangunan awal masjid Agung Tasikmalaya ini mirip dengan bangunan Masjid Agung Demak.  Desain arsitektur Masjid Agung Tasikmalaya mengandung makna filosofis Islam. Masjid Agung memiliki lima atap, hal tersebut mencerminkan pada kewajiban menjalankan shalat lima waktu. Selain itu, mengarah kepada simbol rukun islam yang lima.

Menara Masjid Agung juga terbagi menjadi tiga bagian, hal tersebut mencerminkan tingkat kesempurnaan sebagai seorang muslim, yaitu Iman, Islam, dan Ihsan.Kemudian, menara masjid tingginya 33 meter, mengandung simbol Dzikrullah dalam bentuk Tasbih, Tahmid, dan Takbir. Selain tempat untuk beribadah shalat, Masjid Agung juga memiliki beberapa unit kegiatan keagamaan lainnya.

7. Pesona Keindahan Obyek  Wisata Waterboom Maarif Garden di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Waterboom Maarif Garden diTasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Waterboom Maarif Garden diTasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Waterboom Maarif Garden diTasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata air yang terkenal di kota tasikmalaya jawa barat. Meskipun bertema waterboom, ternyata harga tiket masuk Waterboom Maarif Garden bisa dibilang luar biasa murah.

Hanya dengan lima ribu rupiah, anda sudah bisa menikmati wahana air yang ada di waterboom ini. Bisa dibilang, Waterboom Maarif Garden adalah tempat rekreasi keluarga dan wahana air termurah di Kota Tasikmalaya.tidak bisa dipungkiri lagi, semua orang suka bermain air baik dari kalangan anak – anak, muda – mudi maupun yang sudah berumur.

Mungkin bisa anda bayangkan betapa aktifnya anak – anak ketika bermain air di Waterboom Maarif Garden yang mempunyai fasilitas seluncuran, air mancur dan juga wahana unggulan Waterboom.Setelah puas main air, anak anda masih akan tergugah kembali semangat bermainnya dengan melihat wahana taman.

Wahana taman disini sangatlah aman, apalagi selalu ada instruktur yang memperhatikan keselamatan pengguna wahana. Beberapa contoh wahana yang ada di taman nya adalah Flying Fox, Odong – odong, Becak mini, bogel, terapi ikan, otopet dan masih banyak lagi.

8. Pesona Keindahan Obyek Wisata Situ Rancamaya di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Situ Rancamaya di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota Tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Situ Rancamaya di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Situ Rancamaya di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata yang terkenal di kota tasikmalaya jawa barat.

Obyek Wisata Situ Rancamaya di Tasikmalaya Jawa Barat ini merupakan obyek wisata alam yang sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang liburan ataupun hari minggu, banyak wisatawan yang menghabiskna liburan dengan datang ke Obyek Wisata Situ Rancamaya di Tasikmalaya Jawa Barat ini.

Selain keindahan panorama alam Obyek Wisata Situ Rancamaya di Tasikmalaya Jawa Barat ini juga memiliki keindahan yang tak ternilai, suasananya yang mendukung, sejuknya semilir angin, karena terdapat banyak pepohonan di sekitar  Obyek Wisata Situ Rancamaya di Tasikmalaya Jawa Barat ini, sehingga membuat para wisatawan betah berlama lama di Obyek Wisata Situ Rancamaya di Tasikmalaya Jawa Barat ini.

9. Pesona Keindahan Obyek Wisata Markas Besar Bin Salmin di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Markas Besar Bin Salmin di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Markas Besar Bin Salmin di Tasikmalaya Jawa Barat ini.Obyek Wisata Markas Besar Bin Salmin di Tasikmalaya Jawa Barat ini merupakan obyek wisata yang ada di kota tasikmalaya jawa barat.
Obyek Wisata Markas Besar Bin Salmin di Tasikmalaya Jawa Barat ini merupakan obyek wisata berupa gedung yang bersejarah yang di gunakan sebagai markas , bangunan gedung bersejarah ini sangat kokoh dan berdiri megah, di samping itu pemandangan di sekitar Obyek Wisata Markas Besar Bin Salmin di Tasikmalaya Jawa Barat ini juga tidak kalah indahnya,

Obyek Wisata Markas Besar Bin Salmin di Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang hari libur ataupun hari minggu, banyak wisatawan yang datang untuk melihat keindahan bangunan Obyek Wisata Markas Besar Bin Salmin di Tasikmalaya Jawa Barat ini.

10. Pesona Keindahan Obyek Wisata Situ Gede di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Situ Gede di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Situ Gede di Tasikmalaya Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Situ Gede di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan danau dengan luas sekitar 47 hektar di Tasikmalaya, Jawa Barat. Objek wisata ini cukup populer karena menawarkan pemandangan indah, suasana tenang dan lokasinya tak jauh dari pusat Kota Tasikmalaya, hanya 30 menit.

Obyek Wisata Situ Gede di Tasikmalaya Jawa Barat ini sebagai sarana irigasi pertanian tidak lepas dari peranan pemerintah kolonial Hindia Belanda. Pada tahun 1932, mengembangkan danau alami ini sebagai menampung air dari sumber mata air Cikunten yang berhulu di Gunung Galunggung. Yang kemudian dimanfaatkan untuk mengairi sekitar 4.000 hektar sawah yang ada disekitar Kecamatan Kawalu, Mangkubumi, Indihiang, dan Cibeureum.

Danau ini juga berperan sebagai hutan penyeimbang ekosistem tanaman tropis yang tumbuh disekitar danau ini. Sebagian besar dari penduduk setempat menggantungkan hidupnya pada populasi habitat biota di Situ Gede yang merupakan sebagai sumber penghasil ikan sehingga disini juga masyarakat kerap memanfaatkan sebagai tempat untuk mencari ikan.Daya tarik Objek Wisata SItu Gede adalah pada sebuah pulau yang berada di tengah-tengah danau yange luasnya kurang lebih 1 Ha dan terdapat makam Eyang Prabudilaya, ia merupakan seorang tokoh penguasa pada masanya yang tlah menjadi mitos serta legenda bagi masyarakat Tasikmalaya.

11. Pesona Keindahan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Pemandian Air Panas Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Pemandian Air Panas Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Pemandian Air Panas Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata air yang ada di kota tasikmalaya jawa barat, Namun berbeda dengan pemandian air panas yang biasanya ada di objek wisata lain, air panas di sini justru tidak berbau dan tidak mengandung belerang sehingga masyarakat setempat meyakini bahwa air tersebut sangat baik untuk kesehatan.

Kamu juga bisa menghilangkan rasa lelah maupun pegal-pegal setelah mendaki dan menuruni Gunung Galunggung dengan berendam di pemandian air panas ini. dapat juga membantu menyembuhkan penyakit kulit, karena air panas ini bersifat antiseptik, serta membantu penyembuhan pasca stroke, namun tidak semua orang diperbolehkan untuk berendam di sini, larangan ini khusunya diberikan kepada penderita jantung, epilepsi dan darah tinggi*

Pemandian air panas ini buka dari pukul 07.30 – 21.30 mempunyai 6 kamar rendam yang bisa diisi 2-3 orang, waktu maksimal berendam ideal adalah 15 menit, menurut petugas yang berada di sana. Bila lebih dari itu, dikhawatirkan, pengunjung merasa lemas dan pusing karena bau belarang yang agak menyengat.Bila kita merasa lapar setelah selesai berendam, jangan khawatir karena di seputaran area pemandian ini banyak tersedia warung-warung yang menjajakan makanan, rupanya para pedagang ini paham betul bahwa setelah selesai berendam, pasti akan sangat nikmat rasanya mengisi perut dengan makanan dan minuman yang hangat-hangat.

12. Pesona Keindahan Obyek Wisata Taman Kota Tasikmalaya di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Taman Kota Tasikmalaya di Cihideung Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Taman Kota Tasikmalaya di Cihideung Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Taman Kota Tasikmalaya di Cihideung Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata taman kota yang ada di kota tasikmalaya jawa barat. Obyek Wisata Taman Kota Tasikmalaya di Cihideung Tasikmalaya Jawa Barat ini merupakan obyek wisata yang sangat di gemari oleh masyarakat tasikmalaya jawa barat.

Salah satu yang paling digemari masyarakat adalah adanya taman Kota yang berada tepat di depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Taman kota ini dulunya bekas kantor DPRD Tasikmalaya kemudian di ubah dengan menjadikan ruang terbuka hijau.Taman Kota Tasikmalaya ini memiliki beberapa fasilitas seperti, taman bermain anak yang teriri dari ayunan, jungkat-jungkit, dan lainnya.

Ada juga Bangunan seperti saung di tengah taman, terdapat payung-payung besar berwarna warni. Dan terdapat Plang besi bertuliskan Tasikmalaya yang digunakan warga sebagai latar untuk Foto-foto. Obyek Wisata Taman Kota Tasikmalaya di Cihideung Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang hari minggu dan juga hari libur.

13. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata yang terkenal di tasikmalaya jawa barat. Curug Panganten memiliki ketinggian sekitar 50 meter. 

Curug ini dapat dikatakan merupakan sambungan dari dua sungai yang mengalirinya.  Di bagian atasnya adalah batas akhir sungai Cirende dan bagian bawahnya adalah hulu dari Sungai Ciliung.  Bahkan batang akhir sungai Cirende sendiri ternyata tersusun dari tiga tangga curug, yaitu Curug Cirende, Curug Sewu dan terakhir Curug Panganten. 

Curug Cirende dan Curug Sewu tidak dapat dilihat langsung dari bawah, karena disamping ketinggiannya rendah juga terhalang oleh tebing tinggi yang menjadi limpahan air terjun Curug Panganten.Akses untuk menuju ke Curug Penganten ini tidaklah sulit, dengan beberapa papan petunjuk arah dipersimpangan jalan memudahkan untuk mencapai lokasi tersebut.  Juga kondisi jalan yang lumayan baik untuk dilewati kendaran roda dua maupun empat. 

14. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug cipinaha di Malatisuka Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug cipinaha di Malatisuka Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah malatisuka juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Curug cipinaha di Malatisuka Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug cipinaha di Malatisuka Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata alam yang terkenal di tasikmalaya jawa barat.

Letak Curug Cipinaha  adalah di desa malatisuka, tasikmalaya jawa barat,  Apabila telah sampai di daerah malatisuka, kita menuju ke sebuah warung yang lumayan besar untuk menitipkan kendaraan. Perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan jalan pematang sawah serta ladang menuju daerah semak belukar.

Disamping itu kita juga sedikit menyisir pinggir jurang yang membutuhkan konsentrasi. Tepatnya letak lokasi curug lebih baik sambil tanya penduduk karena tidak ada jalur khusus ke curug.curug ini sudah menjadi daya tarik tersendiri karena cukup tinggi dan deras serta dapat bermain di kolamnya.
Di lokasi curug terdapat kolam 2 tingkat. Tingkat pertama yang paling luas dan dialiri jatuhan air curug dari kolam pertama.

Di kolam ini kita dapat berendam atau berenang karena cukup luas. Ada bagian yang cukup dalam yaitu sekitar 1,5 m sehingga harus hati – hati. Tentunya karena di daerah pegunungan menyebabkan suhu air menjadi dingin sekali. Satu lagi kolam berada di atas kolam pertama yang merupakan cekungan tempat menampung jatuhnya air curug besar. Kolamnya agak sempit jadi hanya bisa berendam saja dan hindari tempat jatuhnya air curug karena akan mengena badan kita cukup keras.

15. Pesona Keindahan Obyek Wisata Air Terjun Wanakara di Mekarjaya Tasikmalaya Jawa Barat



Obyek Wisata Air Terjun Wanakara di Mekarjaya Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah mekarjaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Air Terjun Wanakara di Mekarjaya Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Air Terjun Wanakara di Mekarjaya Tasikmalaya Jawa Barat merupakan air terjun yang sangat indah sekali.

Curug wanakara ini banyak sekali yang mengunjungi apalagi pas hari libur seperti minggu, hari munggahan (sebelum puasa ramadhan), banyak sekali pengunjung yang mengunjungi air terjun wanaka tersebut hanya untuk berenang atau sekedar makan.Air terjun wanakara atau curug wanakara ini tempatnya berada di desa mekarjaya, kecamatan sukaraja, tasikmalaya lebih tepatnya didekat PT. Goenoeng (tempat pengolahan getah karet)Akses jalan dari daerah Galumpit menuju lokasi sekitar 7 KM dengan jalan hotmiks sekitar 1 Km dan di lanjutkan dengan jalan aspal yang di beberapa titik terdapat kerusakan parah dan juga berbatu,

kemudian mendekati lokasi curug di sambung dengan jalan beton. Terdapat papan petunjuk kecil untuk menuju kampung Cibarulak ini tepat setelah kita masuk daerah Mekarjaya tepat setelah Sekolah Dasar di sebelah kanan. Curug wanara ini berada di tengah perkebunan karet PT Goenoeng yang lumayan luas milik seorang pengusaha asal Jakarta. Jika kita sudah berada di kebun karet sekitar 300 meter dari jalan desa yang rusak akan menemukan jalan cabang, yang harus kita  ambil adalah arah kanan dan tidak jauh dari sana tepatnya sebelah kiri kita akan melihat curug tersebut.

16. Pesona Keindahan Obyek Wisata Pantai Pamayangsari di Sindangkerta Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Pantai Pamayangsari di Sindangkerta Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sindangkerta juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Pantai Pamayangsari di Sindangkerta Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Pantai Pamayangsari di Sindangkerta Tasikmalaya Jawa Barat adalah salah satu dari Obyek wisata bahari yang telah berada diwilayah Kab. Tasikmalaya, lokasinya di Kecamatan Cipatujah. Gambaran Suasana pantai yang landai dengan panorama alam pesisir yang khas. Yang bebatasan dengan tempat konservasi penyu hijau yang langka dan dilindung. disebelah timur Pelabuhan Nelayan serta tempat Pelelangan Ikan.

Dipantai ini akan dijumpai sobat dengan banyak perahu-perahu nelayan yang akan mencari ikan di laut lepas, dengan ditopang oleh tempat pelelangan ikan sehingga menjadikan tempat ini banyak diminati oleh wisatawan yang mencari hidangan laut yang segar dengan harga yang lebih terjangkau. Di Pantai Pamayangsari ini kabarnya akan segera di bangun Pelabuhan untuk menunjang kepentingan arus transportasi laut.

Pada setiap tahunnya yang biasanya setiap awal dibulan Muharam tahun hijriyah, dipantai Pamayangsari akan selalu diadakan Ritual Syukur Laut yang ditandai dengan adanya pelepasan Jampana ke laut lepas Pantai dan ini berjarak 8 km dari Pantai Cipatujah serta merupakan obyek wisata yang bisa sobat lalui apabila sudah melakukan perjalanan menyusur sepanjang jalur Jawa barat Selatan dari Pelabuhan Ratu Sukabumi sampai mencapai Objek Wisata di Pantai Pangandaran.

HAJAT Lembur ini sudah merupakan sebuah tradisi tahunan yang selalu digelar para nelayan di Pantai Pamayangsari Cipatujah Kab.Tasikmalaya, yang menurut masyarakat di Pamayangsari ini merupakan wujud sebuah ungkapan rasa syukur kepadaTuhan YME. Bahkan kalau sobat lihat, kemeriahan dari upacara tradisi kaum nelayan ini semakin terasa dengan ditandai adanya berbagai hiburan seperti halnya pentas dangdut, kesenian daerah pemuda nelayan,  dan adanya pasar malam.

17. Pesona Keindahan Obyek Wisata Pantai Sindangkerta di Tasikmalaya Jawa Barat



Obyek Wisata Pantai Sindangkerta di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Pantai Sindangkerta di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Pantai Sindangkerta di Tasikmalaya Jawa Barat berada di wilayah selatan Tasikmalaya. Bisa ditempuh dengan perjalanan 3 jam dari pusat pemerintahan Tasikmalaya menggunakan mobil.

Objek wisata ini sebetulnya sangat potensial. Apabila dikelola dengan baik. Pantai sindangkerta memiliki pemandangan yang cukup bagus. Apalagi ketika cuaca cerah. Birunya langit berpadu dengan birunya air laut. Obyek Wisata Pantai Sindangkerta di Tasikmalaya Jawa Barat ini memiliki pemandangan yang begitu indah sehingga banyak di datangi oleh wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan lokal,

Obyek Wisata Pantai Sindangkerta di Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang hari minggu ataupun hari libur, banyak wisatawan yang menghabiskan liburannya dengan datang ke Obyek Wisata Pantai Sindangkerta di Tasikmalaya Jawa Barat ini.

suasana pantai yang begitu tenang di tambah lagi dengan suara ombak dan juga terdapat pasir putih di area pantai yang membuat wisatawan betah berlama lama di Obyek Wisata Pantai Sindangkerta di Tasikmalaya Jawa Barat ini.

18. Pesona Keindahan Obyek Wisata Air Terjun Cimanintin di Tanjungsari Tasikmalaya Jawa Barat



Obyek Wisata Air Terjun Cimanintin di Tanjungsari Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tanjungsari juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Air Terjun Cimanintin di Tanjungsari Tasikmalaya Jawa Barat ini. Keindahan panorama alam kesejukan air terjun cimanintin dapat dirasakan langsung ketika kita datang ke daerahnya yaitu di tanjungsari tasikmalay jawa barat,gemuruhnya curugan air tersebut terdengar dalam jarak 200 meter dari air terjun

di tambah dengan keasrian pepohonan yang berada di daerah tersebut sangat nyaman dengan kesejukan yang menambah keindahan hutan rimbun  yang berada di lokasi wisata tersebut selain itu pula  kita langsung di suguhi oleh keindahan kota tasikmalaya yang bisa dilihat dari pesawahan yang berada sebelum masuk kawasan lokasi air terjun cimanintin.

Air terjun cimanintin banyak di kerumuni oleh burung manintin yang datang dari  tempat tempat lain seperti dari kecamatan atau desa lain kemudian datang ke air terjun tersebut dan menetap di lereng lereng /goa yang berada di air terjun tersebut sampai akhirnya air terjun cimanintin dijadikan tempat sarang burung manintin yang berlabuh di air terjun tersebut maka disebutlah air terjun cimanintin.

yang berada di kampung babakan joho desa tanjungsari kec.salopa kab.tasikmalaya.  Obyek Wisata Air Terjun Cimanintin di Tanjungsari Tasikmalaya Jawa Barat  berbentuk seperti tirai air yang cukup deras. Sobat semua bisa bermain - main di bawah curahan air ini karena tidak begitu berbahaya dan kedalaman kolamnya hanya sebatas perut. Airnya lumayan jernih dan dingin.  Obyek Wisata Air Terjun Cimanintin di Tanjungsari Tasikmalaya Jawa Barat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang liburan.

19. Pesona Keindahan Obyek Wisata Air Terjun Cihanjuang di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Air Terjun Cihanjuang di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah cisayong juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Air Terjun Cihanjuang di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat ini. Letak Curug Cihanjuang adalah di kecamatan cisayong, tasikmalaya jawa barat, Apabila telah sampai di daerah Cisayong, kita menuju ke sebuah warung yang lumayan besar untuk menitipkan kendaraan.

Perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan jalan pematang sawah serta ladang menuju daerah semak belukar. Disamping itu kita juga sedikit menyisir pinggir jurang yang membutuhkan konsentrasi. Tepatnya letak lokasi curug lebih baik sambil tanya penduduk karena tidak ada jalur khusus ke curug.

curug ini sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat tasikmalaya dan sekitarnya.karena cukup tinggi dan deras serta dapat bermain di kolamnya.Di lokasi curug terdapat kolam 2 tingkat. Tingkat pertama yang paling luas dan dialiri jatuhan air curug dari kolam pertama. Di kola ini kita dapat berendam atau berenang karena cukup luas.

Ada bagian yang cukup dalam yaitu sekitar 1,5 m sehingga harus hati – hati. Tentunya karena di daerah pegunungan menyebabkan suhu air menjadi dingin sekali. Satu lagi kolam berada di atas kolam pertama yang merupakan cekungan tempat menampung jatuhnya air curug besar. Kolamnya agak sempit jadi hanya bisa berendam saja dan hindari tempat jatuhnya air curug karena akan mengena badan kita cukup keras. Obyek Wisata Air Terjun Cihanjuang di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat sangat cocok sekali di kunjunggi menjelang musim kemarau.

20. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Ciwatin di Cikatomas Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Ciwatin di Cikatomas Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Ciwatin di Cikatomas Tasikmalaya Jawa Barat ini.Salah satu curug yang berada di Cikatomas tepatnya di kampung Nusawangi kel. Linggalaksana yang merupakan aliran dari sungai ciwatin sehingga nama curug ini dinamai sesuai dengan nama sungainya. 

aliran curug ini merupakan aliran air dari curug Cikoja dan Curug Cibakom ternyata dan merupakan hilirnya dekat dan bermuara di sungai Ciwulan.Obyek Wisata Curug Ciwatin di Cikatomas Tasikmalaya Jawa Barat memiliki kalsifikasi sebagai air terjun bertipe Slide Waterfall, Horsetail Waterfall, serta Block Waterfall. Dindingnya cukup landai dengan jatuhan air yang terus mempertahankan kontak dengan dinding air terjun.

Jenis batu yang ada hampir semuanya berupa kerikil dan kerakal. Aliran Sungai Ciwatin memiliki beberapa cekungan berarus tenang, sehingga menjadi seperti kolam-kolam kecil di tengah sungai. Serta memiliki lintasan yang tidak terlalu panjang sehingga bertemu dengan aliran utama Sungai Ciwulan.

Tepat setelah jembatan arus dari Sungai Ciwulan akan masuk ke aliran Sungai Ciwatin dan bertabrakan dengan arus Sungai Ciwatin yang akan masuk ke aliran utama Sungai Ciwulan. Daerah ini cukup berbahaya, sehingga tidak disarankan untuk bermain dekat mulut pertemuan anak sungai dengan sungai induk.

21. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Deng-Deng di Tawang Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Deng-Deng di Tawang Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tawang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Deng-Deng di Tawang Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Deng-Deng di Tawang Tasikmalaya Jawa Barat terletak di Desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Tasikmalaya. Curug ini sebenarnya lebih populer dibanding yang lain. Curug ini memiliki bentuk air terjun dengan tiga tingkat.

Pada tingkatan yang pertama, curug ini memiliki ketinggian sekitar 13 meter. Pada tingkatan kedua, memiliki ketinggian sekitar 11 meter. Sedangkan pada tingkatan yang ketiga dan memiliki ketinggian sekitar 9 meter. Di sini pangunjung dapat menikmati keseluruhan air terjun dari bawah. Curug akan terlihat jelas bedengan dan memantulkan sinar matahari yang memancar. Dibawah air terjun yang terakhir akan nampak sebuah kolam besar dengan air yang sejuk dan jernih.

Butuh waktu 3 jam dari pusat kota Tasikmalaya untuk mencapai curug ini. Sebelum benar-benar tiba di lokasi, perjalanan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati sungai kecil dan rimbunnya pohon jati. Agar bisa menikmati pemandangan keseluruhan curug ini, kamu bisa mengikuti aliran air menyusuri tebing-tebing curam yang menantang.

22. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Ciparay di Parentas Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Ciparay di Parentas Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah parentas juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Ciparay di Parentas Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Ciparay di Parentas Tasikmalaya Jawa Barat terletak di Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya atau 30 km dari pusat kota Tasikmalaya.

Curug Ciparay dapat diakses dari Ibukota Kabupaten Tasikmalaya yaitu Singaparna menuju ke arah Sariwangi kemudian masuk ke desa Cidugaleun. Terhampar curug kembar setinggi 75 km yang dikelilingi tebing-tebing hijau di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari.

Untuk menggapai curug-curug di Tasikmalaya tersebut, kamu akan dihadapkan pada kondisi jalan yang labil yang dihiasi jalan berbatu, dan areal yang naik-turun. Belum lagi tanah merah yang licin, dan sangat becek ketika habis hujan. Perlu stamina yang kuat agar bisa tiba di lokasi. Namun setelah tiba di lokasi, kamu akan merasakan kesejukan dan aliran deras air terjun yang akan menghilangkan lelahmu seketika.

Obyek Wisata Curug Ciparay di Parentas Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang hari libur ataupun hari minggu, banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburan di Obyek Wisata Curug Ciparay di Parentas Tasikmalaya Jawa Barat ini.

23. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Cileutak di Sindangkasih Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Cileutak di Sindangkasih Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sindangkasih juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Cileutak di Sindangkasih Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Cileutak di Sindangkasih Tasikmalaya Jawa Barat ini merupakan obyek wisata yang sangat terkenal di kota tasikmalaya jawa barat.

Curug Cileutak berada pada perbatasan antara Desa Sindangasih, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya dengan Kampung Leuwi Leutak/Cikarees, Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Aliran air Curug Cileutak berasal dari aliran Sungai Cileutak. Curug Cileutak termasuk air terjun yang memiliki dinding lebar. Lebar Curug Cileutak kurang lebih 20 m dengan ketinggian sekitar 10 – 15 m.

Dinding air terjun yang cukup lebar, menjadikan Curug Cileutak dapat termasuk ke dalam klasifikasi Block Waterfall yaitu air terjun dengan karaktersitik aliran sungai dan dinding air terjun yang cukup lebar. Selain itu, Curug Cileutak juga dapat diklasifikasikan ke dalam tipe Horsetail. Aliran jatuhannya tetap mempertahankan kontak dengan dinding air terjun secara terus menerus.mempunyai kondisi air yang jernih, dan sangat sayang jika tak dinikmati kesegarannya.

Belum lagi adanya sebuah kolam yang tidak terlalu dalam di bawah air terjun. Di kawasan curug Cileutak ini, terdapat saung Hidro yang dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai pembangkit listrik. Listrik yang dihasilkan dari pembangkit ini sekitar 4000 watt ini, digunakan untuk menerangi puluhan rumah yang ada di sekitar Curug.


24. Pesona Keindahan Obyek Wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya Jawa Barat menyuguhkan destinasi wisata sungai dengan air berwarna hijau, serta di suguhi berupa tekstur bebatuan seperti di ukir. Akan membuat pengunjung terasa tenang dan nyaman berada di lokasi tersebut.

Tempat ini bisa di kunjungi untuk melakukan aktivitas berenang dan bermain air serta dapat mengabadikan setiap moment yang ada. Apalagi di kelilingi oleh sejumlah tebing-tebing yang mirip Green Canyon.Tonjong Canyon merupakan salah satu surga wisata alam yang tersembunyi di KabupatenTasikmalaya. Karena memiliki sejuta pesona alam yang menakjubkan.

Obyek Wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang liburan ataupun hari minggu, banyak wisatawan yang datang ke Obyek Wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya Jawa Barat ini. selain itu Obyek Wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat cocok sekali bagi wisatawan yang suka petualangan karena untuk sampai ke Obyek Wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya Jawa Barat di butuhkan perjuangan yang keras dan semua akan terbayar setelah sampai di Obyek Wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya Jawa Barat ini.

25. Pesona Keindahan Obyek Wisata Kebun Teh Hijau di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Kebun Teh Hijau di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Kebun Teh Hijau di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Kebun Teh Hijau di Tasikmalaya Jawa Barat bagaikan karpet permadani hijau yang membentang luas, Perkebunan teh Taraju Tasikmalaya sungguh memanjakan mata yang memandang.

Salah satu destinasi agrowisata di Tasik ini sangat cocok untuk para pelancong yang sudah sumpek dengan hiruk pikuk kehidupan kota.Udara yang sejuk ditambah panorama alam yang indah menjadi ciri khas perkebunan teh Taraju.Untuk menuju lokasi, dari pusat kota Tasikmalaya lanjut menuju arah Singaparna lalu sebelum Salawu belok ke kiri.

Sepanjang perjalanan akan nampak pemandangan perbukitan dan pedesaan khas Sunda yang unik.
Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Perkebunan teh Taraju. Diantaranya, penelitian, camping, foto-foto, tea walk dan menyaksikan pengolahan teh di pabrik teh. Obyek Wisata Kebun Teh Hijau di Tasikmalaya Jawa Barat ini biasanya ramai di kunjunggi menjelang liburan tiba.

26. Pesona Keindahan Obyek Wisata Kampung Naga di Salawu Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Kampung Naga di Salawu Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Kampung Naga di Salawu Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Kampung Naga di Salawu Tasikmalaya Jawa Barat adalah sebuah kampung adat yang terletak di desa Neglasari Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. 

Masyarakatnya masih memegang kuat adat istiadat yang diwariskan oleh leluhur mereka dimana mereka hidup dalam tatanan yang diliputi suasana kesahajaan dan lingkungan kearifan tradisional yang lekat.Karena keunikannya kampung ini kerap dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanagara, serta dijadikan sebagai tempat studi tentang kehidupan masyarakat pedesaan Sunda pada masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.Kampung Naga merupakan sebuah kampung adat yang masih lestari, di sini masyarakatnya masih memegang adat tradisi nenek moyang mereka.

Mereka menolak intervensi dari pihak luar jika hal itu mencampuri dan merusak kelestarian kampung tersebut.asal mula kampung ini sendiri tidak memiliki titik terang. Tak ada kejelasan sejarah, kapan dan siapa pendiri serta apa yang melatarbelakangi terbentuknya kampung dengan budaya yang masih kuat ini. Warga kampung Naga sendiri menyebut sejarah kampungnya dengan istilah "Pareum Obor". Pareum jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, yaitu mati, gelap. Dan obor itu sendiri berarti penerangan, cahaya, lampu. Jika diterjemahkan secara singkat yaitu, Matinya penerangan.

27. Pesona Keindahan Obyek Wisata Gua Melawang di Sukawangun Tasikmalaya Jawa Barat



Obyek Wisata Gua Melawang di Sukawangun Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Gua Melawang di Sukawangun Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Gua Melawang di Sukawangun Tasikmalaya Jawa Barat merupakan sebuah kompleks gua yang terletak di tengah perkebunan, berupa sekumpulan goa dan ceruk.

Masyarakat sekitar menamakan kompleks Gua Malawang dengan bermacam nama, seperti Malawang, Batu Masigit, Keraton, Oyod, dan Gorin. Satu hal yang menarik dari penamaan tersebut adalah Gorin, yaitu nama setempat untuk semacam tempayan air dari gerabah. Penamaan Gorin diberikan pada kompleks goa tersebut berdasarkan adanya temuan Gorin oleh Taryana, Kepala Sekolah SKB Tasikmalaya tahun 1993 di salah satu goa.

Temuan arkeologis yang berhasil ditemukan berupa 13 buah pecahan gerabah kuna. Kemudian penelitian dilangsungkan beberapa kali, antara lain oleh Balai Arkeologi Bandung. Temuan arkeologis yang ditemukan antara lain berupa fragmen gerabah, fragmen keramik, alat batu berupa perkutor dan kapak batu, dan tulang-tulang binatang.

28. Pesona Keindahan Obyek Wisata Gunung Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Gunung Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Gunung Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Gunung Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan salah satu gunung berapi aktif di Provinsi Jawa Barat, gunung dgn ketinggian 2.167 mdpl ini terletak di Desa Linggajati, Kab Tasik, Provinsi Jawa Barat Indonesia. Jaraknya cuma seputar 17 Km saja dari pusat kota Tasikmalaya.

Menurut sejarahnya, Gunung Galunggung meletus pertama kali pada tahun 1822 yg sudah menelan korban sejumlah lebih dari 4 ribu jiwa. Kemudian gunung Galunggung meletus lagi pada tahun 1894 serta memakan korban jiwa antara 500 sampai 1000 orang. Terakhir meletus terhadap pada tahun 1982 gunung Galunggung mengeluarkan lahar & abu yg menjangkau lebih kurang 20 km ke lapisan udara maka itu menyebabkan kabut abu setebal 3 cetimeter dgn jarak ruangan 15 Km dari pusat semburan.

Obyek Wisata Gunung Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat andalan pemerintah Kab Tasikmalaya. Objek wisata alam di Tasik ini mempunyai 2 spot menarik adalah Kawah Galunggung yg mempunyai danau hijau yg jelita serta pemandian air panas Galunggung. Objek wisata Kawah Galunggung ialah ruangan yg tidak jarang dikunjungi oleh anak muda & para pecinta alam.

29. Pesona Keindahan Obyek Wisata Teejay Waterpark di Tuguraja Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Teejay Waterpark di Tuguraja Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tuguraja juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Teejay Waterpark di Tuguraja Tasikmalaya Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Teejay Waterpark di Tuguraja Tasikmalaya Jawa Barat memiliki Luas  2,8 ha. Fasilitasnya lumayan lengkap tersedia kolam ombak. kolam arus, tube slider (perosotan), ember tumpah, gazeebo, dan tentunya foodcourt. Menariknya suasana kolam renang tersebut sangat nyaman dan mudah dijangkau karena memang berada di pusat kota Tasikmalaya.

Tiket masuknya pun hanya Rp 20.000,- per orang saat weekday dan Rp 30.000, saat akhir pekan. Bisa juga discount kalau rombongan.meskipun pengunjung Teejay selalu membludak, terutama saat akhir pekan tapi pihaknya tak akan menaikkan tarif. Sebab Teejay memang dibuat untuk warga Tasikmalaya dengan tarif terjangkau.

Meskipun  Obyek Wisata Teejay Waterpark di Tuguraja Tasikmalaya Jawa Barat  tak ada kolam renang prestasi, namun bagi warga yang ingin belajar berenang bisa memilih kolam renang dengan memilih kolam sesuai kedalamannya. Mulai dari setengah meter sampai 6 meter.  Obyek Wisata Teejay Waterpark di Tuguraja Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang hari libur ataupun hari minggu.

30. Pesona Keindahan Obyek Wisata Taman Mangkubumi Indah di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Taman Mangkubumi Indah di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Taman Mangkubumi Indah di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Taman Mangkubumi Indah di Tasikmalaya Jawa Barat ini bisa ditempuh kurang lebih 6 km dari pusat kota. Obyek Wisata Taman Mangkubumi Indah di Tasikmalaya Jawa Barat Memiliki susana alam yang sejuk dan alami membuat suasana sekitar menjadi tenang dan nyaman untuk para pengunjung.

Taman wisata ini telah berdiri diatas lahan seluas 6 Ha dengan kunjungan rata-rata mencapai puluhan ribu wisatawan/tahun, serta dilengkapi hadirnya suasana hutan wisata yang bisa sobat manfaatkan sebagai sarana berwisata dengan keluarga.Kolam renang yang ada disini terhitung cukup banyak dibandingkan dengan kolam renang yang ada di wahana air lainnya, terbagi menjadi kolam renang untuk dewasa, anak-anak dan balita.

Selain menawarkan wahana air, Taman Rekreasi Mangkubumi Indah pun menawarkan beberapa fasilitas lainnya seperti flying fox, gazeebo, sepeda air, panggung hiburan, hotel dan gedung pertemuan, serta tempat parkir yang luas.Untuk bisa masuk ke area wisata taman Mangkubumi sendiri pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00. dan biasanya Obyek Wisata Taman Mangkubumi Indah di Tasikmalaya Jawa Barat ini di padati oleh wisatawan menjelang liburan tiba.

31. Pesona Keindahan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciawi di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciawi di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciawi di Tasikmalaya Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciawi di Tasikmalaya Jawa Barat adalah salah satu wisata pemandian air panas yang ada di Tasikmalaya. Seperti yang tertera pada namanya, lokasi ini merupakan tempat pemandian dengan sumber air panas.

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciawi di Tasikmalaya Jawa Barat memiliki air yang Sangat bermanfaat bagi kesehatan dan bisa kembali menyegarkan fikiran dan badan setelah lelah menjalani rutinitas sehari-hari. Dimana didalamnya tersedia air panas dan tentunya juga air dingin yang bisa digunakan untuk membilas.Pemandian dengan menggunakan air panas ini dipercaya juga untuk mengurangi resiko penyakit, karena efek yang ditimbulkan oleh air akan terasa seperti memijat tubuh.

Selain itu, air panas yang berasal dari alam juga akan memberikan kesan yang lebih segar pada tubuh dan melancarkan peredaran darah.Dengan tarif Rp4.000 per orang, tempat pemandian air panas yang memiliki satu kolam pemandian terbuka dan enam kamar pemandian tertutup ini selalu ramai dikunjungi saat musim libur lebaran. Tidak hanya menyuguhkan fasilitas pemandian saja, saat mengantre pun Anda bisa menikmati pemandangan hamparan sawah dan gunung di belakang lokasi pemandian tersebut sambil menikmati kesejukan embusan angin Priangan Timur.

32. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Citiis di Padakembang Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Citiis di Padakembang Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Curug Citiis di Padakembang Tasikmalaya Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Curug Citiis di Padakembang Tasikmalaya Jawa Barat adalah objek wisata air terjun yang terdapat di Desa Padakembang, Kec Padakembang, 20 km dari Kota Tasikmalaya.

Karena berada di dataran yang cukup tinggi, airnya sangat dingin terutama pada sore hari. Selain pemandangan air terjun disini terdapat pula makam Eyang Prabu Semplak Waja, Eyang Tajimalela dan Eyang Susuk Tunggal. Air yang ada di curug ini berasal dari Gunung Guntur yang memiliki dua buah mata air, yakni mata air yang mengalir ke Curug Citiis sendiri, dan mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas.

Dengan wisata alam yang terbuka, tempat ini seringkali dijadikan tempat untuk melakukan beberapa aktifitas antara lain tracking, hiking, camping,  maupun sekedar menikmati sajian pemandangan alam yang begitu indah.  Obyek Wisata Curug Citiis di Padakembang Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat cocok sekali bagi para pecinta alam maupun bagi para wisatawan yang suka berpetualang, karena itu  Obyek Wisata Curug Citiis di Padakembang Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi menjelang liburan.

33. Pesona Keindahan Obyek Wisata Rumah Batu di Cibatu Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Rumah Batu di Cibatu Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Rumah Batu di Cibatu Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Rumah Batu di Cibatu Tasikmalaya Jawa Barat yang keberadaanya di gunung Cantigi blok Pasingpongpok dusun Sukawangi desa Cibatu kecamatan Karangnunggal kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Aneh tapi nyata karena keberadaanya yang berlokasi di pedesaan yang jauh dari kota, namun banyak wisatawan dari kota yang datang untuk melihat Obyek Wisata Rumah Batu di Cibatu Tasikmalaya Jawa Barat ini. rumah batu ini pertama kali digagas oleh seorang lelaki mantan tukang kayu yang mengalami kebangkrutan beserta seorang lelaki yang terkenal sangat lugu Aji Najidin namanya.

Mereka berdua  terinspirasi untuk membuat sesuatu yang jarang tapi meyakinkan. Dari hamparan sebuah bukit batu yang merupakan kaki gunung Cantigi ini berkat kreativitasnya bukit batu ini menjadi sebuah bangunan rumah yang unik. Di atas lahan yang miliknya seluas 750 meter persegi, bangunan ini dikerjakan dengan penuh kesabaran dan ketelatenan selama 3 tahun dan membangun ukuran rumah 6 x 25 meter yang di dalamnya terdapat  2 kamar tidur, dapur, ruang tamu, terowongan dan WC. Bukan hanya  itu terdapat pula warung sebagai tempat berjualan makanan dan minuman.

34. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Batu Blek di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Batu Blek di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah cisayong juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Batu Blek di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat ini.Obyek Wisata Curug Batu Blek di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata yang terkenal di kota tasikmalaya jawa barat. airnya yang segar serta suasana alam yang terbilang masih perawan ini pun jadi magnet tersendiri wisata Curug Batu Blek.

Maklum saja, untuk mencapai lokasi pengunjung harus menempuh petualangan alam dengan berjalan kaki. Sebab, jarak tempuh dari parkiran motor ke curug sekitar 40 menit jalan kaki.Sebenarnya Curug Batu Blek cukup mudah dijangkau. Dari pusat Kota Tasikmalaya, Curug Batu Blek dapat diakses lewat jalur Tasikmalaya menuju Cisayong lalu ke Curug Batu Blek. Jarak tempuhnya sekitar 17 Km.

Selain itu, untuk jalur dari Bandung menuju Malangbong ke Cisayong lalu ke Curug Batu Blek. Jarak tempuhnya sekita 120 Km. Terakhir, jika dari arah Garut menuju Singaparna ke Cisayong lalu ke Curug Batu Blek. Jarak tempuhnya sekitar 60 Km.Dinamakan curug batu blek karena airnya tercurah dari atas batu besar yang mirip blek (kaleng kerupuk versi sunda) berbentuk persegi.

Hal menarik lainnya, disekitar wisata tersebut para pengunjung dimanjakan dengan suguhan kesenian tradisional sunda berupa calung. Hal ini supaya pengunjung tambah kerasan berada sekitar lokasi wisata.Untuk memasuki wisata tersebut pengunjung hanya mengocek uang sebesar Rp. 5.000, untuk karcis tanda masuk.

35. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Koja di Cikatomas Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Koja di Cikatomas Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah cikatomas juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Koja di Cikatomas Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Koja di Cikatomas Tasikmalaya Jawa Barat merupakan salah satu curug yang telah berada disebuah aliran Sungai Ciwatin selain dari pada dua curug lain seperti Curug Cibakom dan curug Ciwalin. 

Sedangkan pada perbedaanya lokasi curug ini berada di aliran paling atas atau dihulu setelah itu baru disusul Curug Cibakom dan yang paling hilir adalah Curug Ciwatin.Walaupun dari jalur aliran sungai yang sama, pada masing-masing curug memiliki karaktereistik berbeda, Obyek Wisata Curug Koja di Cikatomas Tasikmalaya Jawa Barat memiliki pemandangan yang begitu alami dan asri.

Dipadu dengan deretan batuan kapur yang menyembul ke atas permukaan air, seolah semakin menambah keelokan Curug Koja. Buat kamu yang ingin basah-basahan, jangan khawatir, Curug Koja ini aman kok untuk berenang. selain itu aliran air terjun yang begitu memepesona membuat para wisatawan untuk berselfi. Obyek Wisata Curug Koja di Cikatomas Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat cocok di datangi di musim liburan karena Obyek Wisata Curug Koja di Cikatomas Tasikmalaya Jawa Barat akan ramai di padati oleh wisatawan.

36. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Putih di Sukamukti Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Putih di Sukamukti Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sukamukti juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Putih di Sukamukti Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Putih di Sukamukti Tasikmalaya Jawa Barat merupakan salah satu dari curug yang terletak di kaki Gunung Galunggung tempat lokasinya berada di kampung Cipeuteuy, desa Santana Mekar kec. Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Untuk Akses menuju curug Putih ini cukup ribet setelah sobat menyusuri selokan dan di teruskan dengan menyusuri sungai. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke curug ini kalau ditempuh dari kampung Cipeuteuy sekitar 30 menit. Lokasi Curug Putih berada pada satu aliran dengan Curug Batu Blek. Untuk menuju Curug Putih ini, kita harus menuruni bukit dengan kemiringan hampir 50 derajar setelah itu baru menyusuri sungai.

Obyek Wisata Curug Putih di Sukamukti Tasikmalaya Jawa Barat sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang liburan ataupun hari minggu, banyak wisatawan yang ingin datang langsung untuk melihat keindahan di Obyek Wisata Curug Putih di Sukamukti Tasikmalaya Jawa Barat ini.

37. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Sawer Mandala Mekar di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Sawer Mandala Mekar di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Sawer Mandala Mekar di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Sawer Mandala Mekar di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata yang terkenal di kota tasikmalaya jawa barat.Curug Sawer yang terletak di Kampung Cibereum, Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya.Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter dan lebar 10 meter ini memang memiliki pesona yang memikat hati.

Bentuk aliran air yang menyerupai tirai menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Kondisi alam yang masih alami dengan tumpukan batuan berukuran jumbo dan pepohonan rindang juga bisa menjadi pilihan untuk melepas kepenatan.Bagi yang suka memacu adrenalin, tidak ada salahnya untuk mencoba melompat dari batuan setinggi kurang lebih tiga meter yang berada di sisi kolam di bawah air terjun.

Pengunjung juga bisa berenang di kolam berdiameter kurang lebih 10 meter itu. Jika tak berani, pengunjung bisa duduk-duduk manis menikmati kesejukan alam di pinggiran Sungai Cibaregbeg di sekitaran air terjun, atau memasang hamock di tepian sungai.Curug Sawer sendiri terletak kurang lebih 29 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya dengan jarak tempuh kurang lebih satu jam.

38. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Arjuna di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Arjuna di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah cisayong juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Arjuna di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Arjuna di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat berada di Desa Santana Mekar, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.
Curug dengan air yang masih jernih ini layak dikunjungi. tapi medan jalan yang dilalui memang tidak mudah. Kesejukan dari aroma pegunungan terasa menenangkan jiwa. Cocok untuk yang ingin merefreshkan diri karena penat dengan kehidupan perkotaan.

Obyek Wisata Curug Arjuna di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat cocok sekali bagi para pecinta alam dan juga para wisatawan yang memiliki hobi berpetualang, karena untuk menuju Obyek Wisata Curug Arjuna di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat ini di butuhkan perjuangan yang keras, namun rasa lelah akan terbayar setelah melihat keindahan Obyek Wisata Curug Arjuna di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Arjuna di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat biasanya ramai di kunjunggi oleh wisatawan bila menjelang liburan,

39. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Wayang di Santana Mekar Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Wayang di Santanamekar Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Curug Wayang di Santanamekar Tasikmalaya Jawa Barat ini.  Obyek Wisata Curug Wayang di Santanamekar Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata alam yang ada di tasikmalaya jawa barat.Ciri khas dari curug ini mempunayi air terjun dengan air yang jernih dan kolan yang tenang yang bisa anda jadikan sebagai tempat berenang yang sangat menarik.

Obyek Wisata Curug Wayang di Santanamekar Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan ketika hari minggu ataupun hari libur, banyak wisatawan yang datang ke  Obyek Wisata Curug Wayang di Santanamekar Tasikmalaya Jawa Barat ini untuk menghabiskan liburan. curug wayang ini memiliki air yang segar dan jernih, serta rimbunya pepohonan di sekitar  Obyek Wisata Curug Wayang di Santanamekar Tasikmalaya Jawa Barat ini membuat suasana semakin menarik karena suasana yang masih alami jauh dari kebisingan kota.

Obyek Wisata Curug Wayang di Santanamekar Tasikmalaya Jawa Barat ini sangat cocok sekali bagi para petualang maupun para pecinta alam, karena untuk sampai ke  Obyek Wisata Curug Wayang di Santanamekar Tasikmalaya Jawa Barat ini di buuhkan perjuangan yang sangat keras, dan juga penuh perjuangan, namun kelelahan akan terbayar setelah sampai di  Obyek Wisata Curug Wayang di Santanamekar Tasikmalaya Jawa Barat ini.

40. Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Gado Bangkong di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Curug Gado Bangkong di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah cisayong juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Gado Bangkong di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Gado Bangkong di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat yang terletak di kaki gunung Galunggung ini masih jarang dikunjungi sehingga pemandangannya pun masih asri.  Tidak jauh dari curug ini terdapat Curug Badak.

Obyek Wisata Curug Gado Bangkong di Cisayong Tasikmalaya Jawa Barat Terletak di Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat.Jalan  menuju ke curug ini hanya bisa dilalui oleh kendaran beroda dua, seperti sepeda motor. Rute perjalanannya adalah dari Kecamatan Cisayong atau dari jalan baru Singaparna menuju Desa Santanamekar.

Curug Gado Bangkong berada di lereng Gunung Galunggung dan memiliki ketinggian sekitar 70 m. Rute menuju ke curug menyusuri ladang penduduk dan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.Curug Gado Bangkong hampir setiap hari masih sepi pengunjung. Curug Gado Bangkong cocok untuk tempat hiking dan fotografi, karena alamnya masih perawan dan belum terjamah banyak pengunjung. Meskipun demikian, sudah ada jalan dan tempat beristirahat untuk pengunjung.

41. Pesona Keindahan Obyek Wisata Kuliner Nasi Tutug Oncom di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Kuliner Nasi Tutug Oncom di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Kuliner Nasi Tutug Oncom di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Kuliner Nasi Tutug Oncom di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata kuliner yang sangat di gemari oleh masyarakat tasikmalaya jawa barat. Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi TO adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar.

Harganya lumayan murah dan sekarang nasi khas ini telah mulai populer di kalangan pecinta kuliner. Penyebarannya bukan hanyas sebatas wilayah Tasikmalaya, tapi telah sampai juga ke kota-kota besar lainnya.Di Tasik sendiri banyak warung nasi TO, salah satu yang cukup terkenal adalah nasi tutug oncom Rahmat di jalan BKR dengan harga per porsi yang sangat terjangkau.Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat.

Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya tumbuk/menumbuk. Proses aduk/tumbuk nasi dengan oncom ini menjadikan hidangan spesial ini bernama nasi  tutug oncom.Nasi tutug oncom memang kuliner khas Tasikmalaya. Meski begitu, tutug oncom dapat dibawa menjadi oleh-oleh karena sekarang sudah tersedia tutug oncom instan yang telah dikemas dan mampu bertahan hingga berbulan-bulan tanpa menggunakan pengawet.

42. Pesona Keindahan Obyek Wisata Kuliner Nasi Cikur di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata Kuliner Nasi Cikur di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmlaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Obyek Wisata Kuliner Nasi Cikur di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Nasi Cikur adalah makanan Tradisional Khas Tasikmalaya. Nasi Cikur adalah nasi yang dicampur dengan Cikur atau Kencur dalam Bahasa Sunda. Aromanya Khas dan menyengat rasanya pun unik.

Lokasi tempat nasi cikur hanya sebuah warung kecil yang terletak persis di pertigaan Jalan Panyerutan-Jalan Tentara Pelajar. Itu satu-satunya warung nasi cikur di Kota Tasikmalaya. Pelanggan yang tak kebagian tempat di dalam, sudah terbiasa menyantap lahap di atas trotoar. Bahkan sebagian lagi menyantapnya di mobil masing-masing.

Sajian nasi cikur milik Ny Iyen (50) ini memang paling siang buka sekitar pukul 08.30 saja. Lebih dari waktu tersebut, bisa jadi Anda akan gagal menikmati sajian khas tersebut. Padahal Iyen bersama Taskin (56), suaminya, menyetok rata-rata 12 kg per hari. Karena banyak penggemar, begitu buka sekitar pukul 06.00 langsung diserbu dan dalam tempo dua jam habis.Hidangan nasi cikur menggugah selera.

Nasi tampak berwarna sedikit kemerah-merahan dari campuran juice cabai merah. Di atas nasi ditaburkan irisan dadar telur dan irisan sambal goreng kentang serta tahu goreng. Sebagai pelengkap disediakan pula sebungkus kerupuk putih serta irisan mentimun plus sambal.Begitu nasi disantap akan merasakan sensasi lain. Bayangan rasa nasi pada umumnya akan hilang. Yang terasa adalah cita rasa cikur bercampur bawang putih yang pas di lidah. "Segar dan nikmat,

43. Pesona Keindahan Obyek Wisata kuliner Cilok Goang di Tasikmalaya Jawa Barat


Obyek Wisata kuliner Cilok Goang di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata kuliner Cilok Goang di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata kuliner Cilok Goang di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan wisata kuliner yang ada di kota tasikmalaya jawa barat.Cilok ini mulai tren karena rasanya yang pedas, dan penyajiannya berbeda dengan cilok kebanyakan.

Di Tasikmalaya, sudah banyak pedagang cilok ini, Cilok ini tidak seperti biasanya. Cilok biasanya dicolok (ditusuk) kemudian dicelupkan ke sambal kancang, tapi cilok ini diberi kuah bakso. Selain itu dalam penyajian ada tambahan lain seperti pangsit, tahu, ceker, siomay, dan tulang ayam.Pembeda lainnya adalah sambal khas Tasikmalaya. Kuah yang didalamnya sudah terisi campuran cilok dan yang lainnya bisa ditambahkan saus ini untuk menambah kenikmatan saat menyantap cilok ini.

Cilok Goang memberikan pilihan menu, di antaranya adalah Cilok Goang spesial yang di dalamnya terdiri dari pangsit, tahu, ceker, siomay, dan tulang ayam. Untuk mendapatkan menu pembeli harus membayar Rp 10.000. Menu spesial ini disajikan dalam mangkuk lengkap dengan kuah yang harum menggoda.

Menu lainnya adalah Cilok Goang original. Cilok ini berkuah yang dilengkapi dengan pangsit, tahu, ceker, dan siomay. Menu ini berbeda dengan menu cilok spesial tidak menyertakan tulang ayam. Harga satu porsi cilok ini Rp 8.000.Cilok Goang juga menjual cilok bumbu kacang. Cilok ini orisinal. Dari segi penyajian dan bumbunya, cilok ini seperti cilok-cilok lainnya yang dijual di Bandung. Namun ada pembedanya sedikit, cilok ini menyertakan perasan jeruk purut. Satu porsinya cilok ini dijual Rp 8.000.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "43 Pesona Keindahan Obyek Wisata Di Kota Tasikmalaya Jawa Barat"

Post a Comment

Loading...