Loading...

Mengenal Beberapa Jenis Perangkat Lunak Yang Ada Di Komputer Kita

Loading...
Loading...
Anda tentu saja pernah menggunakan komputer, entah itu milik anda sendiri atau milik orang lain yang anda gunakan. Namun tahukah anda, bahwa ada dua macam komponen komputer sehingga bisa kita gunakan sebagaimana mestinya. Komponen tersebut dinamakan software dan hardware. Software sering disebut dengan istilah perangkat lunak komputer sedangkan hardware adalah perangkat keras komputer. 

jenis - jenis perangkat lunak komputer
Pada kesempatan kali ini, perkenankanlah kami membahas tentang salah satu diantara keduanya. Sekedar untuk berbagi ilmu pengetahuan tentang teknologi komputer yang mudah – mudah mudahan bermanfaat untuk pembaca semua. Baiklah, bahasan kita adalah mengenal contoh perangkat lunak komputer dan fungsinya.

Tentu saja kita tidak akan membahas secara detail, gamblang, panjang dan lebar tentang materi ini. Yang akan kita bahas di sini pertama pengertian perangkat lunak komputer , jenis – jenisnya dan contohnya beserta sedikit penjelasnnya.

Pengertian Perangkat Lunak Komputer


Perangkat Lunak Komputer (Software) merupakan satu komponen komputer dalam bentuk digital, tidak berbentuk benda fisik yang bisa kita sentuh dengan tangan, berfungsi layaknya nyawa bagi komputer tersebut. Memiliki banyak jenis dan ada satu inti yang merupakan perangkat lunak dasar komputer. Untuk lebih jelasnya kita lanjutkan dengan mengenal jenis – jenis perangkat lunak dan contohnya.

Jenis – Jenis Perangkat Lunak Komputer


Ada berbagai macam jenis perangkat lunak komputer yang dikenal dan digunakan sekarang ini. Namun ada beberapa jenis yang tergolong paling penting mernurut saya. Pertama, perangkat lunak sistem, perangkat lunak perkantoran, perangkat lunak maintenance, perangkat lunak pelindung.

Perangkat lunak Sistem adalah satu perangkat lunak inti, perangkat lunak ini harus pertama kali dipasang di komputer. Komputer tidak akan bisa kita gunakan tanpa perangkat lunak tersebut. Setelah perangkat lunak ini dipasang, barulah bisa dipasang perangkat – perangkat lainnya.

Perangkat lunak perkantoran, yaitu sebuah software yang didesain khusus untuk menghandel semua pekerjaan – pekerjaan kantor seperti membuat surat, laporan, tulisan, menghitung labar rugi keuanga, presentasi dan lain sebagainya.

Perangkat lunak pelindung. Adalah perangkat lunak yang dibuat khusus untuk melindungi komputer dari perangkat lunak perusak. Perangkat lunak pelindung contohnya antivirus dan perangkat perusak yaitu virus itu sendiri.

Ada banyak sekali perangkat lunak komputer yang bisa kita temui di dalam sebuah komputer. Coba sesekali, amati semua software – software yang ada di dalam komputer anda. Apa saja jenis – jenis perangkat lunak yan digunakan di komputer anda ? Sekian, semoga pembahasan singkat mengenai jenis - jenis perangkat lunak komputer dan fungsinya ini bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

Baca artikel penting ini : Tips belajar komputer untuk pemula

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Beberapa Jenis Perangkat Lunak Yang Ada Di Komputer Kita"

Post a Comment

Loading...