Loading...

Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sejak dini | Semua resep ibu

Loading...
Loading...
Setiap orang tua pasti menginginkan anak mereka memiliki rasa percaya diri yang cukup, untuk menanamkan rasa percaya diri pada anak paling efektif dimulai ketika sang anak masih berusia balita dan tentunya dimulai dari kedua orang tua mereka. Orang tua memiliki peranan cukup besar dalam mendidik dan mengasuh anak, termasuk dalam membangun rasa percaya diri pada anak.




Berikut ini hal-hal yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak kita:

1. Berikan pujian, ketika anak melakukan sesuatu yang benar
Mungkin bagi sebagian orang tua, memberikan pujian pada anaknya (khusunya balita) merupakan hal yang biasa, namun tahukah Anda bahwasanya pujian bagi seorang anak merupakan pengakuan yang cukup besar nilainya bagi sang anak. Misal, ketika sang anak telah bisa pergi ke toilet sendiri, memakai pakaian sendiri, membereskan mainannya sendiri atau menyapu/membersihkan lantai meskipun lantainya masih kotor, berikan pujian kepada sang anak, karena hal tersebut dapat menumbuhkan rasa percaya diri mereka, karena ia merasa mendapat pengakuan dari orang sekitar mereka.

2. Jangan memarahi anak di depan teman-teman mereka
Jika kita harus memarahi anak kita, janganlah di depan teman-teman mereka. karena hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri anak. Tahan amarah Anda dan ajaklah sang anak ke tempat yang tenang, Janganlah langsung Anda memarahi sang anak, tanyakan terlebih dahulu kepada anak Anda dengan bahasa yang santai dan dengarkanlah apa yang diceritakan anak Anda kepada kepada Anda.      

3. Biarkan, jika anak belajar mandiri
Jika anak Anda  mulai belajar mandiri janganlah dilarang, Anda cukup memperhatikanya dan bantulah sesekali jika ia mengalami kesulitan. Meskipun ia belum sempurna dalam melakukan aktifitasnya, jangan lupa memberinya pujian.

4. Jangan memarahi dan melarang anak, ketika ia melakukan kesalahan dalam membantu aktifitas Anda
Sifat alami anak adalah meniru, anak adalah peniru yang ulung. Tak jarang sang anak (terutama balita) ingin membantu aktifitas orang tua mereka, jangan dilarang ataupun dimarahi ketika sang anak melakukan kesalahan, tetap berikan pujian dan hargailah akan niat tulusnya membantu anda.

5. Berikan aktifitas  diluar kegiatan sekolah, yang menitik beratkan pada kegiatan fisik
Hal ini dibutuhkan oleh anak untuk mengekspresikan dirinya. Selain itu akan membantu anak dalam bersosialisasi dalam lingkungan yang lebih luas.

6. Sering mengajak anak berkomunikasi
Sering-seringlah mengajak anak berkomunikasi selain dapat membantu anak agar lebih baik berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya, hal ini juga akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Ikut sertakan anak dalam pembicaraan ringan dikeluarga kecil Anda, tanyakan padanya kejadian-kejadian yang ia alami seharian ini atau Anda dapat meminta pendapatnya dalam membeli sesuatu, seperti kado untuk ulang tahun temanya. Komunikasi-komunikasi seperti ini akan membantu anak dalam menumbuhkan rasa percaya dirinya untuk mengungkapkan pendapatnya.

7. Perhatikan asupan gizi anak
Asupan gizi yang seimbang sangat dibutuhkan untuk menunjang rasa percaya diri pada anak, anak akan lebih percaya diri jika ia selalu sehat. Dengan memberikan gizi yang seimbang anak akan tumbuh dan berkembang seperti teman-temannya. 
   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sejak dini | Semua resep ibu"

Post a Comment

Loading...