Loading...

BIKA AMBON By : @nglaisui

Loading...
Loading...


BIKA AMBON
By : @nglaisui
============
Bahan (A) Adonan Biang :
====================
-1bks ragi instant.(Fermipan).
-10gr gula pasir.
-250ml Air kelapa.
-75gr tepung terigu segitiga.
-25gr tepung ketan.

Bahan (B) Syrup Santan :
====================
-400ml santan kental tanpa air dari 2bh kelapa parut ( di peras pakai kain sejumput2 perasnya biar dapat banyak santannya ya..).
-175gr gula pasir.
-1sdt garam.
-10lbr daun jeruk,buang tulang daunny
-1 btg serai,potong2.
-1ruas kunyit,di potong2.

Bahan Adonan Utama :
===================
-15btr kuning telur.
-3btr putih telur.
-150gr gula pasir.
-1sdt garam.
-300gr tepung tapioka kwalitas bagus.

Cara Membuatnya :
================
Bahan (A) Adonan Biang :
➡️ Campur tepung terigu,tepung ketan,gula pasir,ragi instan,aduk2 lalu tuang air kelapa sambil di aduk2 sampai tercampur rata,lalu di tutup rapat,diamkan selama 15menit hingga mengembang.

Bahan (B) Syrup Santan :
➡️ Santan,gula pasir,daun jeruk,serai,kunyit,di masak dgn api kecil sambil di aduk2 sampai mendidih dan gula larut,angkat,saring dan di dinginkan dulu.... Bahan :Adonan utama.
➡️*Kuning telur,putih telur,gula.pasir,garam,di kocok dgn mixer pakai kecepatan sedang,di kocok sampai kental dan gula larut
*masukan tep. tapioka aduk sampai tercampur rata,matikan mixer,lalu pindahkan adonan ke dlm baskom,lalu di tepuk2 pakai wisk hingga lembut,lalu masukan adonan biang,sambil terus di aduk2 dan si tepuk2 smp lembut dan ringan,lalu masukkan syrup santan,aduk2 smp rata..lalu di tepuk2 adonannya hingga lembut dan ringan,selama 10 menit,lalu tutup adonan dgn plastik dan diamkan 2jam
*Panaskan oven dgn suhu 170°C pakai api bawah,lalu olesi loyang uk:20X20X7cm dgn minyak,lalu di panaskan dlm oven smp panas loyangnya.
*Setelah 2jam,adonan di aduk2 lalu tuangkan ke dlm loyang yg tlh di panaskan tadi,lalu masukan di oven,biarkan pintu oven sedikit terbuka (ganjel dgn kain lap pintu ovennya),oven smp pinggirnya kecoklatan,stel api atas,tutup rapat pintu,oven smp matang,angkat,dinginkan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BIKA AMBON By : @nglaisui"

Post a Comment

Loading...