Loading...

Resep Membuat Mandai dan Tumis Mandai Petai

Loading...
Loading...
Resep Membuat Mandai dan Tumis Mandai Petai

Sudah lama saya membaca mengenai olahan kulit cempedak bernama mandai. Seingat saya waktu itu gara-gara sedang mencari cara membuat ikan pakasam, fermentasi ikan air tawar khas suku Banjar di Kalimantan Selatan. Saking penasarannya dengan ikan pakasam, saya bahkan sempat hendak memesannya melalui online shop, tapi karena ragu dengan kualitas dan kondisinya maka niat itu saya urungkan. Perhatian saya kemudian justru teralihkan dengan mandai, fermentasi kulit buah cempedak yang juga menjadi makanan khas suku Banjar. Jika biasanya kulit cempedak di Jakarta dan daerah lain di Jawa, dibuang ke tempat sampah, maka di Kalimantan Selatan justru dicari dan digemari dibandingkan daging buahnya. Teksturnya yang berserat dan mirip seperti daging, setelah direndam air garam selama beberapa hari dan dibumbui, menjadi makanan unik yang sangat sedap. 

Resep Membuat Mandai dan Tumis Mandai Petai

Klik untuk baca selanjutnya...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Membuat Mandai dan Tumis Mandai Petai"

Post a Comment

Loading...