Loading...

Ternyata Inilah Manfaat Sarapan Untuk Otak Kita

Loading...
Loading...
Manfaat Sarapan ternyata ada kaitannya dengan otak kita. Yaitu kurang lebih akan memberi dan menyiapkan stamina serta nutrisi penting untuk otak kita. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai kaitan sarapan dengan kinerja otak manusia.

Padatnya aktivitas mem­buat sebagian orang tidak sempat melakukan sarapan pagi. Padahal, sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga tubuh tetap sehat. Menurut Dr Samuel Oentoro, tak peduli seberapa sibuknya An­da bahwa sarapan penting untuk ‘mengisi bahan bakar' untuk tubuh sebelum beraktivitas. Sarapan merupakan modal energi pada waktu beraktivitas sepanjang hari. Selain memberi energi, sarapan memberikan sta­mina bagi tubuh. 

manfaat sarapan untuk otak

Sepanjang malam tubuh tidak terisi makanan, maka kondisi tu­buh akan turun ke tingkat yang pa­ling rendah. Saat ini terjadi, tubuh Anda mengantinya dengan me­lepas zat gula yang telah ditimbun melalui cadangan makanan. Zat gula yang ditimbun di la­pisan otot dan liver, yang disebut glycogen. Gula adalah sumber energi yang diserap dari karbo­hidrat yang Anda makan. 

"Di pagi hari, setelah Anda tak mengonsumsi makanan 12 jam, zat gula dalam tubuh Anda turun ke tingkat paling rendah." ujamya. Samuel mengungkapkan, me­lewatkan sarapan membuat tubuh Anda tetap dalam kelaparan, se­dangkan mengonsumsi makanan yang bagus akan memberi pe­ningkatan metabolisme. 

Jika Anda dalam upaya mengu­rangi berat badan, hal terakhir yang harus dilakukan menurun­kan tingkat metabolisme tubuh. Sarapan menyediakan proporsi signifikan asupan total nutrisi un­tuk sepanjang hari, dan menawar­kan kesempatan untuk mengkon­sumsi makanan yang penuh nutrisi seperti zat besi, vitamin dan serat. 

Esensial vitamin, mineral dan nutrisi lainnya hanya dapat diper­oleh dari makanan. Selain itu, manfaat sarapan adalah memberi otak Anda bahan bakar untuk me­ningkatkan konsentrasi. Maka sarapan seharusnya dila­kukan sebelum beraktivitas, ka­rena menyediakan bahan bakar bagi otak Anda untuk meningkat­kan kemampuan memecahkan berbagai masalah dan konsentra­si.

Nah itulah sebabnya, jangan pernah tinggalkan sarapan. Sebab manfaatnya begitu besar untuk otak kita. Biasakan sarapan agar kesehatan dan nutrisi otak kita selalu tercukupi setiap harinya. Sekian, semoga bermanfaat !


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Inilah Manfaat Sarapan Untuk Otak Kita"

Post a Comment

Loading...