Loading...

Bakso

Loading...
Loading...

Bakso

Bahan:
1 kg daging sapi segar (beku juga boleh, saya kadang beku juga dari freezer)
100 gram sagu
1 butir telur
8 bawang putih (haluskan dan goreng)
5 bawang merah (haluskan dan goreng)
4 sendok teh garam halus
1 sendok teh lada halus
1 plastik ukuran setengah kilo es batu setengah jadi, belum terlalu beku) ==> saya pakai ini karena susah mendapatkan es yang halus, dipaksain kasian blendernya buat hancurin es doank

Cara:
Haluskan daging dengan es hingga benar-benar halus kayak pasta. (Saya bisa 4 kali giling karena food processornya kecil.)
Masukkan telur, bawang putih, bawang merah, garam, lada, hingga tercampur rata dengan gilingan daging.
Giling kembali lagi.
Kemudian adonan dibanting-banting hingga membal (seperti memantul) baru masukkan sagu, campur rata.
Rebus air di panci hingga mendidih, lalu matikan api. Bulat-bulatkan bakso dengan memencet kepalan tangan. Ukuran dan isi bebas ya.
Setelah selesai, rebus dengan api kecil (api bawah), hingga bakso mengapung. Lalu tiriskan hingga dingin. Siap disimpan dan disajikam sewaktu-waktu.

Note:
Saya bikin untuk tahu bakso, bakso mutiara, bakso urat, dan bakso isi daging cincang pedas.
Untuk isian daging cincang cukup bumbu bawang putih, cabe rawit, lada, garam. Oseng-oseng sebentar dan dinginkan. Pastikan sudah dingin saat dipakai untuk isian.
Bikin bakso mesti pakai perasaan, kadang saya stop penggunaan es walau belum habis. Atau nambah sedikit. Tergantung kadar air daging juga yang suka beda-beda.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bakso"

Post a Comment

Loading...