Loading...

ROTI LILIT PISANG KEJU By : @ms.rinadedik

Loading...
Loading...

ROTI LILIT PISANG KEJU

By : @ms.rinadedik

Roti favorit saya... Roti lilit pisang keju. Dijamin roti ini empuk daan moist walaupun disantap keesokan harinya. Bahkan saya sengaja nyisain 1 buat saya diamkan dan masih moist empuk. Tetap terus berlatih ya teman2. Membuat roti itu tidak hanya sekali langsung berhasil bagus. Pasti ada lika-likunya. Jangan menyerah kalau mau bisa. Banyak bertanya tapi tanpa mencoba pun juga ga akan berguna. Seharusnya banyak bertanya diimbangi dengan latihan. Syukur2 kalau mau banyak baca 😊 dan tidak hanya mengandalkan bertanya saja. Kalau teman2 bertanya pun, jawabannya pasti akan itu2 saja, harus kalis elastislah, cairan yang masuk harus dikontrol, waktu pengovenan jangan terlampau lama, proofing harus tepat. Intinya memang musti praktek. Dengan praktek kita jadi tau mana yang kurang dari proses yang sudah kita lakukan. Beda brand tepung pun hasil akan beda juga. Saya jadi tau karena saya coba dan gagal 😁. Saya GA jago2 amat sih bikin roti. Metodenya ya gitu2 aja straight dough soalnya paling mudah untuk saya. Padahal metode bikin roti itu banyak. Masih banyak yang lebih jago seperti Mak @icenguik n mbak @ayoe_widya83. Saya kadang nanya tips juga sama mereka. Yang masih belum lulus bikin bakpao 😅. Rehat dulu sejenak biar ga gagal mulu. Resep roti yang kemaren saya tulis nih jadinya. Pada bingung pake prosentase.


Bahan A :

300gr tepung terigu pro tinggi

25gr susu bubuk

40gr gula pasir

1 sdt ragi (pake sendok takar)

2 kutel

180ml susu uht


Bahan B :

60gr mentega/margarin

Sedikit garam


Bahan C :

6 pisang raja bagi 2

Keju cheddar 12 batang (sejari tengah)


Cara Membuat :

1. Campurkan bahan kering. Satukan bahan cair (susu dan kutel). Tuang bahan cair ke bahan kering bertahap. Tidak harus masuk semua kalo adonan udah cukup lembab. Kalo suka roti yang lembab ya boleh ditambah lagi cairannya. Hati2 kalo terlampau lembek nanti musti extra usahanya untuk bikin kalis

2. Setelah kalis, masuk bahan B bertahap. Ulen smp kalis elastis.

3. Diamkan 1 jam. Kempiskan. Bagi adonan 50-55gr. Bulatkan lalu panjangkan adonan kira² 40cm seperti tali

4. Lilitkan pada pisang n keju. Diamkan 15 menit, oles susu dan tabur keju

5. Oven suhu 180. Api bawah 15, pindah api atas 10-15 menit aja.














Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ROTI LILIT PISANG KEJU By : @ms.rinadedik"

Post a Comment

Loading...